Sosialisasi Hemat Energi, Banten Nyalakan Seribu Lilin

Sosialisasi Hemat Energi, Banten Nyalakan Seribu Lilin



SERANG, Tribunriau- Aksi mematikan lampu dalam perayaan Earth Hour di Serang, Banten, dilakukan dengan menyalakan seribu lilin. Secara simbolis, lampu-lampu jalan protokol dan pendapa Gubernur Banten dimatikan pada pukul 20.30 sampai 21.30 WIB.

"Kita mematikan lampu di sekitar daerah pendapa Gubernur dan jalan-jalan protokol alun-alun Serang," kata Khaerul Mustawan, koordinator Earth Hour Serang, kepada wartawan, Sabtu (25/3/2017) malam.

Tema Earth Hour di Serang tahun ini adalah mengajak masyarakat se-Banten menghemat energi dengan hashtag #SerangPoek. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk penyebaran stiker mengenai hemat energi dan sosialisasi bijak menggunakan listrik.

"Tujuan kita ingin menghijaukan hutan dan membirukan lautan. Imbauan agar masyarakat se-Banten berpartisipasi mematikan listrik selama satu jam," ujarnya.

Khaerul mengatakan, selain di Serang, berbagai kota di Indonesia ikut berpartisipasi dalam rangka peringatan Earth Hour 2017. Di Sumatera, peringatan Earth Hour juga digelar di beberapa kota, di antaranya Lampung, Medan, Padang, Aceh, dan Pekanbaru. Di Pulau Jawa, seperti Jabodetabek, Bandung, Cimahi, Yogyakarta, Malang, Batu, Serang, Sidoarjo, dan Semarang, juga digelar acara serupa.

Untuk di Kalimantan antara lain Kota Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Kutai Barat, dan Singkawang. Sedangkan di Sulawesi, acara serupa digelar di Kota Makassar, Palu, Palopo. Selain itu, ada juga di Bali dan Mataram.

"Ini dilakukan serentak di seluruh dunia. Di Banten sendiri ini yang ketiga kali," tutup Khaerul. (dtc)