Panglima TNI: Waspadai Disintegrasi Bangsa

Panglima TNI: Waspadai Disintegrasi Bangsa



JAKARTA- Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan untuk waspada terhadap disintegrasi bangsa dan jangan sampai terpecah belah. Gatot juga mengingatkan agar Indonesia tidak lengah, sehingga tidak mudah dikendalikan oleh negara lain.

"Kita harus waspada terhadap disintegrasi bangsa dan jangan sampai terpecah belah. Justru harus jadi contoh dalam keberagamaan, bahasa, suku, adat dan budaya. Tetapi kalau kita lengah, dapat dikendalikan oleh negara lain," kata Gatot dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (4/4).

Gatot kemudian memaparkan tujuh langkah yang bisa dilakukan negara lain untuk menguasai Indonesia. Ketujuh cara tersebut adalah, menghancurkan perekonomian nasional. Kemudian, mereka juga bisa menggunakan cara kedua, yakni melemahkan ketahanan pangan.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menguasai arus informasi dan menghancurkan moral. Keempat, mereka mencoba menguasai Indonesia dengan cara mempengaruhi gaya hidup dan perilaku.

"Kelima, marakkan industri seks, narkoba dan miras. Keenam, lemahkan fungsi keluarga maupun sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, dan ketujuh, tumbuhkan faham radikal dan separatisme serta ciptakan friksi di mata masyarakat," papar Gatot.

Gatot kemudian memgingatkan untuk selalu mengamalkan, dan mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab, menurutnya, Indonesia kuat karena mempunyai Pancasila yang menjadi dasar negara.

“Saya yakin dengan hal itu kita punya pondasi yang kokoh dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada, serta bisa percaya diri menyongsong masa depan,” ucap Gatot. (red)