Bupati Rohil Buka Rakerda Gerakan Pramuka se-Riau, Afrixal: Jadi Pelopor Penggerak Keluarga dan Masyarakat

Bupati Rohil Buka Rakerda Gerakan Pramuka se-Riau, Afrixal: Jadi Pelopor Penggerak Keluarga dan Masyarakat

 


ROHIL - Bupati Rohil Afrizal SIP membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwartir daerah gerakan Pramuka Riau tahun 2022  di Gedung Misran Rais,Jalan Utama, Bagansiapiapi, Jumat (27/5/2022) sekira jam 20.00 WIB.


Rakerda ini dihadiri seluruh Kwarcab Kabupaten Kota se Provinsi Riau, Ketua Kwartir daerah 04 gerakan Pramuka Riau H Kasiarudin SH, Mabida Riau diwakili Prof Dr Soeardi MS, Ketua Kwarcab 0410 Gerakan Pramuka Rohil Drs H Surya Arfan, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani, Sekda Rohil Fery H Parya serta Kepala Dinas. 


Ketua Kwartir daerah 04 Gerakan Pramuka Riau H Kasiarudin dalam sambutannya menyampaikan, Rakerda kali ini merupakan kali pertama digelar pasca Musdalub lalu dengan menghasilkan beberapa keputusan dalam rangka pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka di daerah Riau.


Dikatakannya lagi, Rakerda khawatir daerah gerakan Pramuka Riau dilaksanakan setiap tahun sekali untuk saling dapat bertemu muka serta bertukar pikiran antara kwartir daerah dengan kwartir cabang ke daerah Riau sebagaimana diatur dalam ketentuan dan petunjuk yang berlaku.


Tahun 2022 ini, sambungnya, adalah tahun kerja ketiga masa bakti Kwarda Riau 2019-2024.Telah banyak program yang dilaksanakan dan dijalankan oleh pengurus Kwarda Riau dengan segala kemampuan dan kendala yang dihadapi oleh para pengurus terutama masalah situasi dan kondisi saat ini seluruh dunia menghadapi Pandemi Covid-19.


Adapun rapat kerja daerah kwartir daerah 04 gerakan Pramuka Riau tahun 2022 ini dilaksanakan dengan tujuan, untuk menerima masukan, saran dan evaluasi terhadap program kerja tahun 2022 yang tengah dijalankan serta persiapan beberapa kegiatan.


"Kita berharap penyusunan program kerja gerakan Pramuka Riau dapat sejalan dan searah dengan program gerakan Pramuka kwartir cabang sedaerah Riau yang kita susun bersama ini," bebernya. 


Semakin ke depan sambung Kasiarudin, tugas yang diemban oleh gerakan Pramuka sangatlah berat. Apalagi telah dicanangkannya revitalisasi serta ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah dalam tubuh gerakan pramuka yang menuntut program-program yang kreatif bagi pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka.


Dalam kesempatan ini, mantan asisten I Dumai ini juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Rohil, Kwarcab Rohil yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rakerda.


Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta Rakerda gerakan Pramuka 04 Riau di kota Bagansiapiapi.


Selaku Ketua majelis pembimbing cabang, Bupati menyambut baik diselenggarakannya Rakerda di Rohil. Momentum Rakerda Gerakan Pramuka ini. Apalagi sejak pembatasan akibat Pandemi Covid-19 di negara kita bahkan dunia, kegiatan kepramukaan baik tingkat Kwarda, Kwarcab, Kwarran maupun di tingkat sekolah sangat terbatas.


"Kegiatan kepramukaan lebih dalam membantu Pemerintah dalam penanganan dan pencegahan baik dalam memberi bantuan masker maupun hand sanitizer," sebutnya. 


Di sisi lain sambung Bupati, menghadapi tantangan di era globalisasi abad ke-21 ini penduduk Indonesia tidak terkecuali Riau maupun Rohil bahkan di pelosok-pelosok desa terutama generasi muda sedang mengalami masa perubahan yang sangat besar dan mendasar.


Tantangan globalisasi yang sangat dahsyat, kemajuan teknologi dan informatika yang sangat pesat bahkan melampau batas-batas negara, banyak orang yang sukses karena kemajuan teknologi tapi tidak sedikit pula yang hancur karena teknologi.


"Bukan teknologi yang menjadi masalah, tapi manusianya yang salah dalam memanfaatkan teknologi dan informasi yang ada. Betapa banyak generasi muda kita yang tergelincir dalam narkoba, pergaulan bebas serta permainan judi game online dan sebagainya," sebut Bupati. 


Oleh sebab itu katanya lagi, melalui Rakerda gerakan Pramuka 04 Rio tahun 2020 ini, Ia berharap munculnya program kegiatan strategis dalam pembinaan anggota pramuka.