Diomeli Istri Karena Habiskan 40Juta, Warga Jambi Ini Buat Helikopter dari Besi Tua

Diomeli Istri Karena Habiskan 40Juta, Warga Jambi Ini Buat Helikopter dari Besi Tua


Siapa sangka ada yang bisa punya ide bikin helikopter dari besi tua. Adalah Usman Jalil, warga Tanjungjabung Barat di Jambi yang mengerjakan ide tersebut.

Meski helikopternya belum rampung dan teruji bisa terbang, Usman mengaku sudah ada pembeli yang menawar. Di balik pengerjaan itu, rupanya Usman sampai diomeli sang istri hingga kerabat lantaran menghabiskan dana yang tak sedikit. 

Berikut fakta-faktanya:

Bikin Helikopter Habiskan Dana Rp 40 Juta

Ide usman membikin helikopter dari besi tua rupanya berbuah omelan dari istri dan anaknya. Pasalnya, dia telah menghabiskan uang Rp 40 juta dalam merealisasikan idenya itu.

Helikopter tersebut, dia bikin dengan memanfaatkan kabin bekas mobil untuk bagian kepala. Sedangkan mesinnya memanfaatkan mesin motor matic bekas.

"Saya kumpul duit hasil penjualan depot air isi ulang untuk membeli bahannya," pengakuan Usman kepada Antara.

Ditawar Pembeli hingga Didukung Pejabat

Usman mengaku helikopter ala-alanya itu sudah ditawar pembeli. Bahkan sudah ada yang pesan minta dibuatkan.

Kreasi Usman ini pun mendapat perhatian seorang pejabat. Anggota DPR dapil Jambi, Hasan Basri, yang juga mantan Gubernur Jambi, sengaja mendatangi bengkel milik Usman. Dia berpesan agar Usman terus berkarya.

Belajar Otodidak

Soal pengetahuannya membuat helikopter, Usman mengaku tak ada yang mengajari. Dia mempelajari sendiri secara autodidak, serta mempelajari cara kerja mesin.

Sebelumnya, dia memang pernah membuat helikopter dengan rangka rotan. Sedangkan mesinnya memanfaatkan bekas gergaji mesin. Helikopter yang dibuat 1997 silam itu, berhasil terbang setelah berulang kali gagal saat uji coba.

Sumber: Antara/Kumparan