Apical Dumai Laksanakan Perawatan Jalan dan Penanaman Pohon Kelengkeng

Apical Dumai Laksanakan Perawatan Jalan dan Penanaman Pohon Kelengkeng


DUMAI- Apical Dumai melaksanakan perawatan jalan sepanjang 950 meter di Jalan Sukajadi, RT 005 Lubuk Gaung, Kota Dumai, Selasa (15/3).

Jalan tersebut merupakan akses utama bagi 201 KK dari area pemukiman dan perkebunan menuju jalan raya Lubuk Gaung.

Ketua RT 005 Rusli didampingi Ketua Badan Pengelola dan Pemanfaatan Dana (BPPD) CSR RT 005 Saipul bersama dengan staff kehumasan Apical Dumai, Zulfahmi melakukan pengawasan pelaksanaan pekerjaan tersebut mulai dari tanggal 4 Februari hingga 15 Maret 2022.

Untuk meratakan permukaan jalan, 82 dump truck tanah kuning didatangkan. Warga setempat juga terlibat dalam kegiatan yang dilaksanakan dengan sistem gotong royong itu.

Total biaya untuk perawatan jalan tersebut sekitar Rp. 32.000.000 (tiga puluh dua juta rupiah). Dana tersebut bersumber dari dana CSR Apical yang dikelola langsung oleh perangkat RT.

"Dengan selesainya perbaikan jalan tersebut, kondisinya semakin baik terutama pada saat musim hujan," ujar ketua RT 005 Rusli.

Selain itu, di RT 06 juga dilakukan penanaman 29 batang pohon kelengkeng bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani Tunas Harapan yang diketuai oleh Lina.

Kelompok tani ini beranggotakan 23 orang, sejauh ini dalam kegitannya sudah berhasil menjalankan program ternak kambing bergulir bekerja sama dengan Apical, saat ini sudah mencapai 85 ekor dengan 14 orang penerima manfaat.

Penanaman pohon kelengkeng ini diintegrasikan dengan peternakan kambing dimana kotoran kambing yang sudah difermentasi dijadikan sebagai pupuk.

Kamero Bangun menyampaikan harapannya semoga program CSR dari Apical ini berkelanjutan, saat ini sedang dipelajari bagaimana memanfaatkan susu kambing dari kambing yang sudah dipelihara. Pada akhirnya semua kegiatan ini dapat berkembang terus dan membantu peningkatan ekonomi warga. Dan yang tidak kalah pentingnya hubungan warga dan Apical semakin harmonis.

Secara terpisah, Farianto warga RT 005 dan Lastri anggota Kelompok Tani Tunas Harapan menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi Apical atas program CSR yang sudah dilaksanakan dan semoga semakin berkembang. *