Lantik Datin Penghulu Balam Jaya, Bupati Afrizal Minta Serap Aspirasi Warga

Lantik Datin Penghulu Balam Jaya, Bupati Afrizal Minta Serap Aspirasi Warga



ROHIL - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong melantik Dantin Penghulu Balam Jaya Emi Fauzi AMKep di Kecamatan Balai Jaya, Sabtu (10/9/2022). Acara ini dihadiri Anggota DPRD Rohil Risben, Kepala OPD, Camat Balai Jaya dan Staf Diskominfotik Rohil.


Dalam amanatnya Orang nomor satu di negeri Seribu Kubah ini minta Datin Penghulu yang baru dilantik segera membuat program serta langsung turun ke tengah masyarakat untuk mendengarkan aspirasi dan tidak terjebak dalam rutinitas kantor.


"Kepada ibu Datin Penghulu yang baru dilantik turunlah kelapangan dan dengarkan keluhan masyarakat, kemudian buatlah program yang bisa menyentuh kepentingan masyarakat," ucap Bupati Afrizal.


Menurut Politisi Golkar ini, seluruh Datuk Penghulu harus cerdas dalam mencari dan merealisasikan anggaran serta satu haluan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mewujudkan Kabupaten Rohil yang maju dan hebat. 


Apalagi saat ini mekanisme penganggaran tidak seperti dulu dimana bisa menggunakan uang saat membutuhkan, tetapi sekarang penyusunan APBD harus didahului dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).


"Artinya semua usulan tahun 2023 harus masuk bulan Juni kemarin. Karena sekarang sudah  menggunakan sistem melalui RKPD," bebernya Afrizal.


Selain itu Bupati Afrizal menambahkan seluruh penghulu juga harus memberikan informasi ke masyarakat terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemda yang sekarang masih dalam tahap proses, sebab informasi yang diberikan sangat penting agar masyarakat tidak kecewa.


"Dari bulan Januari kita sudah bekerja keras dan keterlambatan itu karena banyak KK ganda. Bahkan ada KK bodong sehingga tidak bisa masuk ke sistem pendataan,Bahkan data sudah ada sejak tahun 2012 sampai dengan sekarang, jumlahnya sangat fantastis hingga mencapai 16 ribu KK," sebutnya.


Untuk itu Dirinya berpesan, jika ada pembangunan yang tidak teranggarkan di APBD, pintarlah cari anggaran dari pintu lain, apalagi diwilayah tersebut ada perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan seperti perusahaan Ivomas. 


"Bisa saja melalui CSR dari perusahaan digunakan untuk kepentingan siswa yang berprestasi atau pemberdayaan masyarakat pedesaan," jelasnya. 


Terakhir Mantan Datuk Penghulu Sintong ini menjelaskan sesuai Undang-undang No 6 tahun 2014 bahwa Pjs penghulu atau sekretaris harus dari PNS bukannnya ASN. Dengan demikian,penunjukkan Emi Fauzi sebagai Datin Penghulu Balam Jaya sudah sesuai dengan mekanisme UU yang berlaku.