PT SDS Perangi Stunting, Laksanakan Penyuluhan Gizi Seimbang Kepada Ibu Hamil

PT SDS Perangi Stunting, Laksanakan Penyuluhan Gizi Seimbang Kepada Ibu Hamil

Humas Apical Dumai, Kamero Bangun fhoto bersama disela-sela dalam penyuluhan gizi untuk ibu hamil, Kamis (22/12/22). (f: APICAL)


BISNISRIAU.COM - PT Sari Dumai Sejati (Apical) bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Dumai mengadakan penyuluhan gizi seimbang untuk ibu hamil.


Hadir dalam acara ini Kadis DPPKB Kota Dumai Hj Elywarti SKM sebagai pemateri pertama, Sekretaris Camat Sungai Sembilan, Kepala Puskesmas Sungai Sembilan, Lurah Lubuk Gaung, dari Dinas Kesehatan Kota Dumai yang diwakili dari ahli gizi Kecamatan Sungai Sembilan Fandi Imran PS Tr GZ RD AIFO sebagai pemateri kedua dan tim penyuluh dari Dinas DPPKB

Humas Apical Dumai, Kamero Bangun dalam sambutannya menyampaikan bahwa semuanya dimulai dari keluarga, orang baik dan orang jahat berasal dari keluarga, presiden dan penjahat juga dari keluarga.

“Berkaitan dengan kesehatan itu semua tergantung pada asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita, gizi yang ditubuh berasal dari apa yang kita makan,” ucap Kamero seperti rilis yang diterima media ini.

“Dalam rangka memerangi dan pencegahan stunting kita semua mempunyai tanggung jawab moral jangan sampai anak yang lahir jadi beban untuk dirinya sendiri, keluarga, masyarakat dan negara. Anak anak yang lahir adalah calon pemimpin masa depan bangsa dan negara jadi kita harus pastikan mereka sehat. Bersama sama kita menciptakan zero stunting di Kecamatan Sungai Sembilan,” tambanya.

Sementara Sekretaris Camat Sungai Sembilan, Muhtadi dalam sambutannya mendukung kegiatan ini dan menyampaikan kepada Ibu hamil agar secara berkala memeriksakan kandungannya difasilitas kesehatan terdekat dan selalu menjaga gizi yang seimbang

Sedangkan Kadis DPPKB Kota Dumai Hj Elywarti SKM menyampaikan pada 3 bulan pertama dalam masa kehamilan adalah masa yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Di situ dibutuhkan makanan atau asupan gizi yang seimbang dan lengkap baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral ditambah air dan serat. Porsi makan ibu hamil sedikit tapi sering.

Susunan pangan sehari hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh .dengan memperhatikan keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan menjaga berat badan.

Pada kesempatan ini Ibu Elywarti SKM juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT SDS (Apical) yang sudah memfasilitasi kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini berlanjut dan dilaksanakan secara reguler.

Ada sekitar empat puluh orang ibu hamil dari Kelurahan Lubuk Gaung yang mengikuti penyuluhan tersebut sebagian besar dari mereka sudah pernah berkoordinasi dengan tim penyuluh/ pendamping keluarga binaan Dinas DPPKB Kota Dumai .

Disela penyuluhan ini tim dari Apical Dumai membagikan susu dan biscuit kepada ibu hamil yang hadir. Disampaikan bahwa apa yang diberikan ini tidak seberapa tapi yang jauh lebih penting adalah ilmu yang dibagikan oleh pemateri yang pada akhirnya para ibu hamil tahu mengatur asupan gizi yang sesuai dan proporsional.(*)