Bupati Pimpin Rapat Persiapan MTQ Tingkat Provinsi Riau

Bupati Pimpin Rapat Persiapan MTQ Tingkat Provinsi Riau

 


ROHIL - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP memimpin Rapat persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Alquran (MTQ) tingkat Provinsi Riau Tahun 2022, Selasa (5/4/2022) di Lantai 8 Kantor Bupati Kawasan Batu Enam Bagansiapiapi. 


Rapat ini di hadiri Kakemenag, Ketua LPTQ Provinsi Riau, Sekdakab Ferry, para Kepala Dinas dan Plt Kadiskominfotik Indra Gunawan SE. 


Bupati Afrizal Sintong dalam rapat ini memberikan sinyal kepada seluruh stakeholder, pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau tetap dilaksanakan walaupun dengan segala keterbatasan anggaran, sebab menurutnya selama dua tahun terakhirsudah dua Kabupaten di Provinsi Riau gagal melaksanakan MTQ tersebut disebabkan masih dalam situasi Pandemi Covid-19. 


"Walaupun anggaran tidak memadai namun seandainya kita mampu melaksanakan pelaksanaan MTQ dengan meriah, itu yang sangat luar biasa," ucap Bupati Afrizal Sintong disela sela rapat persiapan MTQ Provinsi Riau ini, seperti rilis yang diterima media ini. 


Namun demikian, untuk suksesnya acara MTQ ini sambung orang nomor satu di Rohil ini, meminta kepada seluruh OPD untuk melakukan penghematan anggaran agar pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau bisa berjalan maksimal dengan cara mengurangi pengeluaran berlebihan dan mengalokasikan kepada hal yang dianggap penting. 


"Pelaksanaan MTQ Provinsi Riau akan tetap dilaksanakan di Tahun 2022 ini, namun Kita tidak bisa  memastikan kapan pelaksanaan MTQ  akan di mulai, untuk itu nantinya kita akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau terkait pelaksanaan MTQ Provinsi Riau melalui eksposs minggu depan," terangnya Bupati. 


Sedangkan Kepala Kemenag Rohil, Naini menyampaikan, pihaknya telah melakukan persiapan dengan melakukan pembinaan kepada sejumlah Hafiz, Tilawah, Tahfizh, Qiraat, Syahril, Fahmil dan Tafsir hadist sebanyak 60 orang. 


"Sedangkan untuk pendaftaran peserta MTQ tingkat Provinsi Riau harus dilakukan dua minggu sebelum pelaksanaan mengingat sekarang menggunakan sistem e-MTQ," terangnya. 


Naini juga menyebutkan, pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Rohil hendaknya dilaksanakan sebelum bulan November mengingat pada bulan itu juga dilaksanakan pertandingan MTQ tingkat Nasional. Dirinya berharap, Kabupaten Rohil bisa melaksanakan MTQ Tingkat Provinsi Riau sekaligus memperjuangkan agar nantinya bisa mengikuti pesertanya di MTQ Tingkat Nasional.